Jumat, 12 Maret 2010

Sepeda... Ngepot Kanan Kiri Eouy



Menurut detikNews (Sabtu, 8/12/2007), menuliskan bahwa "three in one" sepeda yang berarti bahwa sepeda itu hemat BBM, membuat badan sehat serta menurunkan emisi rumah kaca. Rachmat Winoelar, seorang Menteri Negara lingkungan hidup menganjurkan untuk bahwa setiap warga dari kota/kabupaten menggunakan transportasi sepeda.

Selain itu, menurut hasil uji coba seseorang yang kisahnya dituliskan dalam www.sepedaku.com bahwa dengan bersepeda akan menjadikan nafas tidak menjadi cepat ngos-ngosan serta persendian pada kaki menjadi tidak kaku lagi setelah bangun tidur.


World Health Organization (WHO), salah satu oganisasi PBB yang bergerak dalam bidang kesehatan menyebutkan bahwa bersepeda merupakan aktifitas fisik yang murah dan sangat cocok untuk menjaga kesehatan yang bisa dilakukan untuk tujuan kerja, sekolah kuliah dan lain sebagainya. Bahkan sesuai dengan studi di Denmark pada tahun 2000 mengungkapkan bahwa kegiatan bersepeda dapat menurunkan angka kematian sebesar 40%. Sehingga, sampai saat ini cabang olahraga sepeda masih terus dipertandingkandi dunia.

Selanjutnya sesuai dengan pernyataan seorang dokter yang bernama Harun, dengan pengalaman serta penelitiannya mengatakan bahwa manfaat sepeda bukan hanya dari segi fisik tetapi juga mental. para peneliti menyatakan bahwa aktifitas olahraga terbaik adalah gabungan dari fitness dan olahraga gerak, seperti halnya bersepeda. Dengan adanya keseimbangan kualitas dan kuantitas dalam melakukan sepeda akan menjadikan lemak menjadi terbakar dan dilain hal massa otot tubuh pun akan semakin bertambah. Dengan hal tersebut, maka akan membentuk postur tubuh yang ideal.

Sebagai bukti yang menunjukkan bahwa bersepeda dapat menurunkan resiko dari berbagai penyakit yang akibat hipokinetik (sedikit gerak) seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, tulang rapuh, lemah dan kaku otot serta obesitas. Maka setiap kali melakukan olahraga bersepeda ini secara teratur akan menjadikan peredaran darah lancar dan dapat membakar lemak. Penelitian menunjukkan bahwa satu jam bersepeda (21 km/jam) akan membakar lemak sebanyak 612 kalori.

Sungguh menakjubkan. So, mari Kita bersepeda. Untuk menjaga kesehatan kita sekaligus mengurangi polusi udara oleh gas karbondioksida akibat BBM.

Tidak ada komentar: