Senin, 23 Desember 2013

Kehidupan Organisasi

Tiba-tiba malam ini saya punya kata-kata mutiara, dan spontan terucap, dan semoga menginspirasi...

Malam ini saya cukup membahas kata "Organisasi", dan bila membahas terlalu banyak dikhawatirkan akan membuat anda bosan. Oleh karena itu, saya hanya mempunyai sebuah istilah dalam organisasi, " Organisasi yang baik itu adalah ibarat pohon yang berbuah"

Gambar 1. Organisasi yang baik ibarat Pohon berbuah
Kenapa saya membuat pernyataan semacam itu? berikut alasan yang saya berikan :

Akar dari pohon merupakan sejarah awal berdiri suatu organisasiBatang utama merupakan tujuan utama (visi).

Cabang pohon merupakan tujuan atau proker dari suatu divisi dalam organisasi, arah gerak suatu organisasi untuk mencapai tujuan utama. Agar tidak saling bertumbukan dan berebut, maka cabang pohon bergerak menuju arah yang belum ada apa-apanya.

Ranting merupakan tujuan/cita2 dari masing2 "individu" atau bisa dikatakan anggota dari organisasi. Tentunya setiap orang mempunyai cita-cita sendiri untuk kemajuan organisasinya. sehingga dari masing-masing "individu" tetap berpedoman terhadap tujuan organisasi.

Jika tumbuh dengan baik, dari ketiga komponen keras dan kaku tersebut, maka selanjutnya adalah ranting-ranting dipenuhi dengan daun, selanjutnya bunga dan akhirnya akan berbuah. dari buah dia akan menghasilkan biji yang mampu menyebar yang dibantu oleh polinator.

Daun-daun yang semakin banyak, lemas gemulai dan berwarna hijau segar merupakan semangat. Semakin banyak daun maka semakin banyak oksigen yang dihasilkan. DAUN Menjadi pasokan semangat untuk terus tumbuh dan berkembang

Selanjutnya akan muncul BUNGA, yang indah nan elok. Menjadikan lingkungan sekitarnya kagum dan terpesona akan keindahan bunganya. Termasuk kupu-kupu, lebah, bahkan burung-burung pun memanfaatkan nektarnya menjadi sumber kehidupan. 

Tak disangka, bahwa mereka pun ternyata juga menjadi agen pengawin, sehingga muncul BUAH. Manis, segar dan mengandung banyak vitamin. Sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan manusia. Sumber kenikmatan bagi hewan tengah malam, seperti kalong dan kawan-kawannya.

Dalam daging buah, ada yang dinamakan BIJI yang biasanya tidak dimakan oleh konsumen, dibuangnya ke tanah. pada akhirnya biji itu pun tumbuh dan jadilah tumbuhan baru, seakan-akan banyak sekali masyarakat di sekitarnya yang turut mendukung bahkan menjadi anak buahnya.

Gambar 2. Jangan menjadikan Organisasi seperti Tumbuhan kaktus
Akan tetapi, jika tidak ada batang, cabang dan ranting maka daunnya pun akan lemas, mengkeluk, dan rapuh, atau bahkan akan seperti tumbuhan kaktus yang penuh duri-duri dan membahayakan bagi makhluk sekitarnya..??

Selamat malam, tetap semangat...!!

Tidak ada komentar: