Sabtu, 03 Februari 2018

ANAK SMK KREATIF, KUNCI UNTUK SIAP KERJA

SMK menciptakan Sumber Daya Alam Siap Kerja
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) saat ini sudah banyak yang berkembang pesat. Aliran dana dari pemerintah untuk sebuah SMK mencapai 500 juta. Perhatian pemerintahan Jokowi terhadap jenjang pendidikan ini sangat jeli. Misi utamanya mencetak sumber daya menusia yang siap kerja dapat terpenuhi.
Indonesia memiliki banyak perusahaan yang dirintis dari kecil hingga bertaraf internasional. Untuk menuju ke perusahaan internasional, tentunya memerlukan tingkat pendidikan dan pengalaman yang cukup. Namun, bagi perusahaan yang kecil, tentunya membutuhkan sumber daya manusia yang siap kerja. Hal ini menjadi solusi cepat dari pemerintahuntuk turut membangun perusahaan atau usaha yang masih dirintis.
Pada intinya, Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Jika setiap anak muda di negeri ini mampu mengelola sumber daya alam sendiri, maka kita tidak perlu bergantung pada orang asing untuk mengolahnya. Dari jutaan anak Indonesia, sebenarnya banyak generasi yang mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. Hanya saja, kebanyakan dari mereka lari keluar negeri untuk memperoleh sesuatu yang lebih.
Langkah strategis pemerintah untuk mengembangkan SMK rupanya menjadi sebuah terobosan praktis untuk menyelamatkan kehidupan bangsa. Mereka dididik di SMK untuk seseorang yang mandiri dan kreatif. Mandiri supaya mampu berdiri sendiri mengelola sumber daya alamnya. Kreatif berarti menciptakan sesuatu yang baru atas pengolahan terhadap sumber daya yang tersedia.
Sebuah ketakutan seorang dalam menciptakan usaha sendiri, biasanya dipengaruhi oleh faktor keyakinan. Jika setiap orang yakin bakal meraih nikmat dan rejeki atas kuasa Tuhan, maka orang tersebut pasti sukses. Namun, jika diawal hendak merintis usahanya diiringi rasa takut, kecewa dan was-was, usaha yang dilakukan cenderung putus ditengah jalan. Oleh karena itu, untuk membuka usaha, tentunya seseorang  perlu memantabkan niat dan komitmen supaya terus istiqomah.
Akan tetapi, jika seseorang merasa tidak mampu untuk membuka usaha sendiri, maka perlu menjadi seorang yang kreatif. Modal seorang pekerja yang kreatif sangat dicari oleh perusahaan-perusahaan besar. Orang kreatif menjadi kunci kebesaran sebuah perusahaan. Sebagai contoh, sebuah pabrik mie akan memiliki perbedaan antara yang dibungkus dengan kertas koran, berbungkus plastik berning dan berkemasan menarik. Ketiganya sama-sama pabrik mie, akan tetapi dalam kemasan yang menarik sangat dipengaruhi adanya seseorang yang kreatif.
Kreatif dan Siap Kerja
Oleh karena itu, setiap orang yang dikatakan siap kerja yaitu orang yang kreatif. Mayoritas  orang yang kreatif muncul dari didikan pendidikan SMK. Hal ini dikarenakan mereka terbiasa membuat dan menciptakan sesuatu. Karakteristik utama anak SMK biasanya sulit untuk mengikuti peraturan. Hal ini dikarenakan mereka merasa bahwaperaturan menjadi sebuat batasan yang dapat mematikan kreatifitas. Bagi seorang seniman, kreatifitas biasanya muncul setiap saat dan tanpa ada batasan. Hidup seseorang di dunia ini tidaklah berbeda dengan seniman.
Kehidupan manusia di alam ini bisa diibaratkan makhluk seni.Seniman itu merupakan mereka bebas berkreatifitas untuk menunjukkan jiwa yang terpendam. Kreatifitas seorang yang bernyawa akan sangat dipengaruhi oleh “mood” atau suasana hati.Kreatif merupakan kemampuan seseorang yang digunakan untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru. Kemampuan ini muncul tidak setiap saat. Sehingga tidak semua orang mampu menunjukkan kreativitas.
Dalam dunia kerja, sifat kreatif dapat memunculkan ciri khas dan bersifat unik. Banyak sekali ide kreatif yang sukses dapat menciptakan pekerjaan yang baru. Kreatifitas yang paling mudah adalah memodifikasi karya yang sudah ada atau disebut inovatif. Seseorang yang kreatif biasanya inovatif, akan tetapi seorang yang inovatif tidak selalu kreatif. Karakter seperti inilah yang diharapkan dari para lulusan SMK, dimana mereka mampu menciptakan usaha sendiri melalui kreativitas yang diciptakan.
Orang yang bekerja dengan jiwa yang kreatif, mereka tidak banyak mengeluh dan selalu berinovasi untuk menghasilkan sesuatu. Sehingga keberadaan orang kreatif sangat dibutuhkan untuk merintis usaha-usaha kecil. Mereka juga mempunyai tekad yang kuat untuk terus berkarya dalam meluapkan ide. Oleh karena itu, bagi perusahaan yang di dalamnya terdapat orang yang kreatif cukup membiarkan mereka bekerja dan tidak perlu diusik. Karena pada dasarnya seorang yang kreatif merupakan orang yang sudah siap bekerja. 

Tidak ada komentar: