Kamis, 09 September 2010

Kegembiraan Menyambut Idul Fitri

Hari ini hari terakhir puasa di bulan Ramadhan 1431 H. Sangat indah dan menyenangkan ketika hari terakhir ini dilaksanakan. karena pada hari inilah maka manusia serasa baru diciptakan. dengan mengucap Allahu Akbar... Allahu Akbar... Laa ilaha illallahu Allahu akbar... Allahu akbar walillahilham....

Semua bersorak menyambut hari kemenangan. Kemenangan umat muslim karena telah terlaksananya puasa di bulan Ramadhan selama sebulan penuh. Sebelum dilakukan shalat idul fitri, pada malam hari biasanya dilakukan takbiran. di kampung-kampung takbiran ini menjadi sangat meriah. Karena dalam suasana takbiran itu sangat ramai dengan adanya lomba takbir keliling oleh anak-anak maupun remaja.

Ketika pagi hari mata menatap sang mentari, rasanya pasti menjadi semangat bangun pagi karena pada pagi harinya untuk yang pertama disunnahkan untuk makan pagi sebelum shalat hari raya. hmmm.... Dengan sebuah ketupat yang disiram dengan opor ayam pasti sudapnyeee.!!!

Alhamdulillah, dan segala puji bagi Allah senantiasa terlimpahkan. Karena bulan ini dapat menjumpai Ramadhan dan berharap tahun berikutnyapun akan bertemu kembali. setelah itu maka ditunaikanlah shalat idul fitri yang sesudahnya dilakukan khutbah yang sangat panjang tentunya.

Pada saat kembali ke rumah, disitulah cara kembali memfitrahkan jiwa seorang manusia. Yaitu dengan meminta maaf (sungkem) kepada orang tua dan kepada kerabat serta saudara-saudara sekalian untuk menghapus dosa-dosa kita kepadanya.

Taqobalallahu minna wa minkum, Taqobbal yaa kariim
Minal Aidzin wal Faidzin
Mohon Maaf lahir dan Batin....

Tidak ada komentar: