Senin, 08 Februari 2010

Konservasi Semakin Digiatkan di Surabaya

Surabaya merupakan kota yang panas. Karena terkenal dengan banyaknya pabrik industri besar yang ada di sana. Hal ini yang dapat menyebabkan kekhawatiran akan pemanasan global yang ada di dunia ini. Selain itu juga berbagai banyaknya CO2 yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor juga turut menjadikan sesak suatu kota.

Akan tetapi, hal negatif itu terselamatkan atas kata KONSERVASI yang ditunjukkan oleh orang-orang yang mencintai lingkungan. bahkan Arif Afandi sebagi wakil walikota turut menghijaukan kota Surabaya. Selain itu, harus diketahui juga bahwa makna konservasi itu seperti apa. Konservasi itu sendiri merupakan berasal dari kata Conservation yang terdiri atas katancon together dan servare (keep/save) yang memiliki pengertian mengenai upaya memelihara apa yang kita punya (keep/save what you have), namun secara bijaksana (wise use). Ide ini dikemukakan oleh Theodore Roosevelt (1902) yang merupakan orang Amerika pertama yang mengemukakan tentang konsep konservasi. Konservasi dalam pengertian sekarang, sering diterjemahkan sebagai the wise use of nature resource (pemanfaatan sumberdaya alam secara bijaksana).

Oleh karena itu, pentingnya kita selalu melakukan balas jasa atas limpahan bumi yang diciptakan Tuhan ini. Yaitu dengan memanfaatkan alam dengan sebaik-baiknya. Jadi, tiada salahnya jika ada yang memanfaatkan sumberdaya alam akan tetapi juga wajib untuk menyeimbangkan keadaannya. Dimana kegiatannya dapat dilakukan dengan menanam seribu pohon, mengadakan klub pecinta alam, pengamat burung, dan lain sebagainya sebagai bukti dari kata KONSERVASI tersebut.

Tidak ada komentar: